Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III UPTD SD Negeri 24 Parepare

Authors

  • Fadillah Nizahra Amir Universitas Negeri Makassar
  • Muhammad Asrul Sultan Universitas Negeri Makassar
  • Yonathan Saba Pasinggi Universitas Negeri Makassar

Keywords:

Pembelajaran Kooperatif, Teams Games Tournament, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan agar dapat memahami mengenai peningkatan proses dan hasil belajar siswa tentang matematika mengenai pecahan sederhana dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif type Teams Games Tournament. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif/naratif dan jenis penelitian yaitu penelitian tindakan kelas. Fokus pada penelitan ini yaitu fokus proses dan fokus hasil. Adapun penelitian ini dilakukan di UPTD SD Negeri 24 Parepare dengan guru dan siswa kelas III UPTD SD Negeri 24 Parepare tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 30 siswa terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 21 siswa perempuan sebagai subyek penelitiannya. Penelitian ini dilaksanakan dengan total sebanyak 2 siklus. Setiap siklus dilakukan dengan 2 kali pertemuan yang mencakup tahapan perencanaan, pelaksanaan,pengamatan, dan refleksi. Kemudian, dari pelaksanaan penelitian didapatkan data yang disatukan dengan menggunakan teknik observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Hasil pembelajaran pada siklus I menampilkan bahwa indikator keberhasilan mencapai kategori cukup (C) dan pada siklus II hasil pembelajaran siswa telah menjangkau kategori baik (B). Sehingga ditarik kesimpulan bahwa dengan mengimplementasikan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa tentang matematika mengenai pecahan sederhana di kelas III UPTD SD Negeri 24 Parepare.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-03-31

Issue

Section

Articles