Penerapan Model Pembelajaran SQ4R dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V UPTD SPF SD Negeri 82 Mannagae Kabupaten Soppeng

Authors

  • Nur Ilmi Universitas Negeri Makasssar
  • Muhammad Amran Universitas Negeri Makasssar
  • Sri Dewi Lathifah Universitas Negeri Makassar

Keywords:

Model pembelajaran SQ4R, Membaca pemahaman

Abstract

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V UPTD SPF SD Negeri 82 Mannagae Kabupaten Soppeng. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana proses penerapan model pembelajaran SQ4R dalam meningkatkan proses belajar membaca pemahaman siswa kelas V UPTD SPF SD Negeri 82 Mannagae Kabupaten Soppeng?, dan apakah penerapan model pembelajaran SQ4R dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V UPTD SPF SD Negeri 82 Mannagae Kabupaten Soppeng? Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui proses penerapan model pembelajaran SQ4R dalam membaca pemahaman kelas V dan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca pemahaman kelas V dengan menerapkan model pembelajaran SQ4R. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa yang berjumlah 12 siswa dengan rincian 6 orang laki-laki dan 6 orang perempuan. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus, setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan data yang diperoleh selama pelaksanaan siklus I, berada pada kualifikasi cukup (C) dan siklus II berada pada kualifikasi baik (B) dan telah mencapai indikator yang telah ditetapkan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui penerapan model pembelajaran SQ4R dapat meningkatkan proses dan kemampuan membaca pemahaman siswa pada materi membaca pemahaman siswa kelas V UPTD SPF SD Negeri 82 Mannagae Kabupaten Soppeng.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-11-25

Issue

Section

Articles