Hubungan Bimbingan Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 102 Lappa-Lappae Kabupaten Pinrang
Keywords:
bimbingan orang tua, hasil belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan bimbingan orang tua dengan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 102 Lappa-lappae Kabupaten Pinrang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Ex Post Facto. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampling jenuh dengan jumlah sampel yaitu 18 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan teknik analisis statistik inferensial. Hasil statistik inferensial dengan melakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji Corellation Pearson menunjukkan nilai koefisien korelasi bertanda “+” dan Sig (2-tailed) < 0,05 (0,00 < 0,05) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara bimibingan orang tua dengan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 102 Lappa-lappae Kabupaten Pinrang.