Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar IPA Peserta Didik Kelas V

Authors

  • Andi Virdayanti Universitas Negeri Makassar
  • Natriani Syam Universitas Negeri Makassar
  • Muhammad Amran Universitas Negeri Makassar

Keywords:

Keaktifan Belajar, Problem Based Learning, IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan proses dan keaktifan belajar peserta didik melalui penerapan Model Pembelajaran Problem based learning PBL.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Fokus penelitian adalah fokus proses pembelajarn dan fokus keaktifan. Penelitian ini dilaksanakan di UPTD SD Negeri 49 Parepare tahun ajaran 2023/2024 dengan subjek penelitian ini yaitu 1 guru kelas dan 20 peserta didik yang terdiri dari 14 laki-laki dan 6 perempuan. Penelitian dilaksanakan tiga siklus yang masing-masing terdiri dari satu kali pertemuan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dan analisis data yang digunakan adalah observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan data yang diperoleh selama pelaksanaan siklus diperoleh proses hasil penelitian pada siklus I dan II berada pada kategori cukup dan terjadi peningkatan pada siklus III yang berada pada kategori baik serta mencapai indikator yang ditetapkan. Adapun hasil pembelajaran pada siklus I menunjukkan bahwa indikator keaktifan belajar peserta didik berada pada kategori rendah, pada siklus II keaktifan belajar peserta didik mencapai kategori sedang dan pada siklus III keaktifan belajar peserta didik mencapai kategori tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Problem based learning pada muatan IPA dapat meningkatkan proses pembelajaran dan keaktifan belajar peserta didik di kelas V UPTD SD Negeri 49 Parepare.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-11-25

Issue

Section

Articles