Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V UPTD SD Negeri 24 Parepare
Keywords:
Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD), Proses BelajarAbstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas V. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa V UPTD SD Negeri 24 Parepare. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) siswa V UPTD SD Negeri 24 Parepare pada materi kegiatan ekonomi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Subjek penelitian yaitu guru kelas dan siswa yang berjumlah 35 orang yang terdiri dari 22 perempuan dan 13 laki-laki. Penelitian dilaksanakan dua siklus. Pada siklus I hasil penelitian pada proses pembelajaran berada pada kualifikasi cukup (C) dan presentase ketuntasan hasil tes belajar yaitu 71,43%. Pada siklus II hasil penelitian pada proses pembelajaran meningkat pada kualifikasi baik (B) dan presentase ketuntasan hasil tes belajar yaitu 94,28%. Kesimpulan pada penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan proses dan hasil belajar IPS siswa V UPTD SD Negeri 24 Parepare.