Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick untuk Meningkatkan Proses Belajar Pendidikan Pancasila Peserta Didik Kelas V

Authors

  • Abdul Hakim Universitas Negeri Makassar
  • Muslimin Universitas Negeri Makassar
  • Athiyyah Mumtaazah Universitas Negeri Makassar

Keywords:

Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif tipe Talking Stick, Proses Belajar

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu hasil belajar peserta didik kelas V yang belum mencapai KKTP. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick untuk meningkatkan proses dan hasil belajar muatan Pendidikan Pancasila peserta didik kelas V UPTD SD Negeri 89 Parepare. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick untuk meningkatkan proses belajar muatan Pendidikan Pancasila pada peserta didik kelas V dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada materi kelas V dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Subjek penelitian 13 orang yaitu 1 pendidik dan peserta didik yang berjumlah 12 orang. Penelitian dilaksanakan dua siklus. Pada siklus I hasil penelitian pada proses pembelajaran berada pada kualifikasi cukup (C) dan hasil tes belajar berada pada kualifikasi kurang (K). Siklus II hasil penelitian pada proses pembelajaran berada pada kualifikasi baik (B) dan hasil tes belajar berada pada kualifikasi baik (B). Kesimpulan pada penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick dapat meningkatkan proses dan hasil belajar peserta didik muatan Pendidikan Pancasila kelas V UPTD SD Negeri 89 Parepare.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-11-25

Issue

Section

Articles