Penerapan Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) Untuk Meningkatkan Hasil belajar Pada Materi Persatuan dan Kesatuan Terhadap Kehidupan Berbangsa dan Bernegara Siswa Kelas VI UPTD SD Negeri 11 Barru

Authors

  • Abdul Hakim Universitas Negeri Makassar
  • Usman Universitas Negeri Makassar
  • Syamsinar Universitas Negeri Makassar

Keywords:

Value Clarification Technique, Hasil Belajar, Siswa, Barru

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang proses penerapan model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) pada materi persatuan dan kesatuan terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara kelas VI UPTD SD Negeri 11 Barru dan peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi persatuan dan kesatuan terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara kelas VI UPTD SD Negeri 11 Barru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses penerapan model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) pada materi persatuan dan kesatuan terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara kelas VI UPTD SD Negeri 11 Barru dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi persatuan dan kesatuan terhadap kehidupan berbangsa danbernegara kelas VI UPTD SD Negeri 11 Barru. Pendekatan penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan UPTD SD Negeri 11 Barru. Penelitian ini dilakukan pada bulan November 2023. Sampel yang digunakan sebanyak 16 orang, terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Penelitian Tindakan kelas ini dilaksanakan dengan prosedur yaitu pra tindakan, perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan/pengumpulan data, dan tahap refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, Tes, dan Dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah data collection, data reduction, data display, conclusions.Hasil penelitian menunjukkan penerapan model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) pada materi persatuan dan kesatuan terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara dapat meningkatkan proses pembelajaran guru dan siswa kelas VI UPTD SD Negeri 11 Barru. Penerapan model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) pada materi persatuan dan kesatuan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI UPTD SD Negeri 11 barru.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-11-25

Issue

Section

Articles