Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa dalam Muatan IPAS di Kelas V UPTD SD Negeri 89 Parepare

Authors

  • Andy Universitas Negeri Makassar
  • Natriani Syam Universitas Negeri Makassar
  • Yulia Universitas Negeri Makassar

Keywords:

Model Pembelajaran Project Based Learning, Proses Belajar, Keaktifan Belajar

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu rendahnya keaktifan belajar siswa kelas V. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran Project Based Learning untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam muatan IPAS di Kelas V UPTD SD Negeri 89 Parepare. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil penerapan model pembelajaran Project Based Learning untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam muatan IPAS di Kelas V. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian ini berjumlah 13 yaitu 1 guru kelas V dan siswa yang berjumlah 12. penelitian dilaksanakan dua siklus. Pada siklus I hasil penelitian pada proses pembelajaran berada pada kualifikasi cukup (C) dan keaktifan belajar siswa berada pada kategori Sedang. siklus II hasil penelitian pada proses pembelajaran berada pada kualifikasi baik (B) dan keaktifan belajar siswa berada pada kategori Tinggi. Kesimpulan pada penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan proses dan keaktifan belajar siswa dalam muatan IPAS di Kelas V UPTD SD Negeri 89 Parepare.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-11-25

Issue

Section

Articles