Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Dalam Meningkatkan Kemampuan Menyimak Cerita Pendek Siswa Kelas IV
Keywords:
Model Pembelajaran, Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray, Menyimak, Bahasa IndonesiaAbstract
Abstrak:Permasalahan dalam penelitian ini yaitu rendahnya kemampuan menyimak cerita pendek siswa kelas IV. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray (TSTS) dalam meningkatkan kemampuan menyimak cerita pendek siswa kelas IV UPT SDN 237 Pinrang. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray (TSTS) dalam meningkatkan kemampuan menyimak cerita pendek siswa kelas IV dan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menyimak cerita pendek pada materi kelas IV dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray (TSTS). Teknik penelitian yang digunakan adalah observasi, tes, dokumentasi, dan refleksi. Subjek penelitian yaitu guru kelas dan siswa yang berjumlah 26 orang. Penelitian dilaksanakan tiga siklus yang masing-masing memiliki satu kali pertemuan, penelitian ini meliputi perencanaan,pelaksanaan, observasi dan refleksi. Berdasrkan data yang diperoleh diketahui bahwa model kooperatif tipe two stay two stray (TSTS) Model pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada kelompok untuk membagi hasil dan informasi dengan kelompok lain sehingga terjadi interaksi antara siswa dalam proses pembelajaran Guru maupun siswa melakukan proses pembelajaran dengan baik berdasarkan hasil observasi oleh pengamat diantaranya guru telah mengarahkan siswa untuk aktif dalam berdiskusi dan menjalankan tugasnya baik sebagai tuan rumah maupun tamu. Selain itu, guru memberikan kesempatan dan motivasi kepada siswa yang belum tampil dan tidak lupaemberikan penguatan dalam meningkatkan kemampuan menyimak cerita pendek. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajran kooperatif tipe two stay two stray (TSTS) dalam meningkatkan kemampuan menyimak cerita pendek siswa kelas IV UPT SDN 237 Pinrang.