Pembelajaran Talking Stick untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar
Keywords:
Hasil Belajar, Model Talking Stick, Pendidikan PancasilaAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya proses dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan proses dan hasil belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Pancasila dengan menerapkan model pembelajaran talking stick. Pendekatan dalam penelitian ini berupa kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Fokus pada penelitian ini adalah proses dan hasil belajar. Subjek penelitian yaitu guru dan siswa kelas V UPT SDN 80 Pinrang. Proses penelitian tindakan kelas terdiri dari empat tahap: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Selanjutnya dilakukan pengolahan dan analisis data kualitatif. Berdasarkan data yang dikumpulkan selama pelaksanaan siklus I, II, dan III, temuan penelitian untuk siklus I diperoleh hasil belajar peserta didik dalam kategori cukup (C). Siklus II masuk dalam kategori baik (B), selanjutnya Siklus III masuk dalam kategori yang sama (B). Disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran talking stick dapat meningkatkan proses dan hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Pancasila siswa Kelas V UPT SDN 80 Pinrang.