Penerapan Model Pembelajaran Arias Assurance, Relevance, Interest, Assesment, Satisfaction (Arias) Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar IPAS Tentang Kondisi Prekonomian Di Darahku pada Siswa Kelas V UPTD SD Negeri 122 Barru
Keywords:
Model pembelajaran ARIAS, Keaktifan belajar, Muatan IPASAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keaktifan belajar dan hasil belajar siswa kelas V UPTD SD Negeri 122 Barru. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Model Pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assesment, Satisfaction) dalam meningkatkan keaktifan belajar IPAS tentang kondisi prekonomian di daerahku pada siswa kelas V UPTD SD Negeri 122 Barru penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas ( PTK). Subjek penelitian ini yaitu 1 guru dan 20 orang siswa kelas V UPTD SD Negeri 122 Barru. Data diperoleh dengan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kompensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus. Pada siklus I menunjukkan aktivitas guru berada pada kualifikasi cukup (C), aktivitas siswa berada pada kualifikasi cukup (C), pada hasil tes belajar berada pada kualifikasi (C), dan hasil observasi keaktifan belajar siswa berada pada kualifikasi sedang. Siklus II menunjukkan aktivitas guru berada pada kualifikasi baik (B), aktivitas siswa berada pada kualifikasi baik (B), hasil tes belajar berada pada kualifikasi baik (B) dan hasil observasi keaktifan belajar siswa berada pada kulifikasi tinggi. Kesimpulan pada penelitian ini adalah Penerapan Model Pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assesment, Satisfaction) dalam meningkatkan keaktifan belajar IPAS tentang kondisi prekonomian di daerahku pada sisw kelas V UPTD SD Negeri 122 Barru dapat meningkat proses dan keaktifan belajar IPAS siswa kelas V UPTD SD Negeri 122 Barru.