Meningkatkan Semangat Menghafal Pada Siswa Kelas IV Melalui Pemberian Reward di MIS Hidayatul Muhajirin

Authors

  • Siti Nur Hasanah Hana Universitas IAIN Palangka Raya
  • Setria Utama Rizal Universitas IAIN Palangka Raya
  • Ukah MIS Hidayatul Muhajirin Palangka Raya

Keywords:

motivasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan guna menambah semangat menghafal Al-Qur'an pada murid kelas IV melalui pemberian reward di MIS Hidayatul Muhajirin. Penelitian memanfaatkan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kurt Lewin yang tersusun atas empat tahapan yakni perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian yakni 15 siswa kelas IV. Pengumpulan data dilakukan memanfaatkan observasi, wawancara, serta dokumentasi. Hasil penelitian menandakan pertambahan signifikan pada tiga indikator utama yaitu keaktifan siswa meningkat 46,7% (dari 40% menjadi 86,7%), ketekunan meningkat 45% (dari 35% menjadi 80%), dan capaian hafalan meningkat 40% (dari 45% menjadi 85%). Perubahan bentuk reward dari verbal ke non-verbal pada siklus II berhasil meningkatkan motivasi siswa, menciptakan kompetisi positif, dan membangun kepercayaan diri dalam menghafal Al-Qur'an. Penelitian menyimpulkan bahwa pemberian reward merupakan strategi yang efektif untuk meningkatkan semangat menghafal Al-Qur'an, tidak hanya berdampak pada peningkatan capaian hafalan, tetapi juga pada pembentukan karakter dan kepercayaan diri siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-11-25

Issue

Section

Articles