Peningkatan Hasil dan Motivasi Belajar IPAS Peserta Didik Kelas V UPTD SD Negeri 214 Pinrang dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT)

Authors

  • Muslimin Muslimin Universitas Negeri Makassar

Keywords:

Team Games Tournament, motivasi belajar, hasil belajar, IPAS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di kelas V UPT SD Negeri 214 Pinrang. Penelitian ini dilaksanakan sebagai Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, dengan setiap siklus mencakup tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 20 peserta didik kelas V. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, aktivitas peserta didik dan motivasi belajar hanya mencapai kategori cukup, dan tingkat ketuntasan peserta didik baru mencapai 70%, di bawah indikator keberhasilan yang ditetapkan sebesar 76%. Setelah penerapan model TGT pada siklus II, terjadi peningkatan signifikan pada aktivitas peserta didik, motivasi, dan hasil belajar. Aktivitas guru mencapai 94,4%, aktivitas peserta didik mencapai 92,77%, dan tingkat ketuntasan peserta didik mencapai 90%, melebihi indikator keberhasilan. Rata-rata motivasi peserta didik juga meningkat hingga mencapai kategori sangat tinggi, dengan persentase motivasi sebesar 87,67%. Hasil ini menunjukkan bahwa model pembelajaran TGT efektif dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik pada materi IPAS. Dengan demikian, model TGT direkomendasikan sebagai strategi pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan keterlibatan dan pencapaian belajar peserta didik

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-11-25

Issue

Section

Articles