Penerapan Model Market Place Activity Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Muatan PPKN Di Kelas V Madrasah Ibtidaiyah DDI Kota Parepare

Authors

  • Ritha tuken Universitas Negeri Makassar
  • Lukman Universitas Negeri Makassar
  • Nurul Safitri Universitas Negeri Makassar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan proses dan hasil belajar siswa tentang nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dengan menggunakan model pembelajaran Market Place Activity. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Fokus pada penelitian ini adalah proses dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak tiga kali yang masing-masing terdiri dari tiga kali pertemuan. Pada siklus I, hasil penelitian proses pembelajaran dari aspek guru dan siswa Kurang (K). Pada siklus II hasil belajar siswa mencapai kategori Cukup (C). Sedangkan pada siklus III, hasil penelitian dalam proses pembelajaran dari aspek guru dan siswa hasil belajar siswa telah mencapai kategori Baik (B). Kesimpulan pada penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Market Place Activity untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada muatan PPKN di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Darud Da’Wah Wal Irsyad (DDI) Ujung Lare Kota Parepare.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-11-25

Issue

Section

Articles