Pelaksanaan Pembelajaran Keramik Teknik Handbuilding di Kelas XI SMKN 3 Gowa
Keywords:
pembelajaran, teknik pijit, teknik lempeng, teknik pilinAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana komponen RPP, pelaksanaan pembelajaran berdasarkan RPP dan hasil penilaian karya ditinjau dari aspek ide, kreativitas, estetika, dan teknik bagi Siswa Kelas XI Jurusan Desain dan Produksi Kriya Kreatif Keramik di SMKN 3 Gowa. Jenis penelitian ini termasuk penelitian survei dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran pada Mata Pelajaran Pembentukan dengan Tangan Langsung Kelas XI Jurusan Desain dan Produksi Kriya Kreatif Keramik disusun berdasarkan standar proses kurikulum 2013 pada Permendikbud No.22 Tahun 2016 dan Perdirjen Dikdasmen No. 464/D.D5/KR/2018 (2) Pelaksanaan pembelajaran di Kelas XI Jurusan Desain dan Produksi Kriya Kreatif Keramik pada Mata Pelajaran Pembentukan dengan Tangan Langsung SMKN 3 Gowa dilaksanakan dengan baik dan sesuai pedoman pada RPP yang dibuat oleh guru, namun dalam prosesnya hanya mempraktekkan teknik pijit dan lempeng. (3) Hasil penilaian guru terhadap karya keramik yang dibuat dengan teknik pembentukan dengan tangan langsung Siswa Kelas XI Jurusan Desain dan Produksi Kriya Kreatif Keramik di SMKN 3 Gowa tergolong kurang, hal ini dikarenakan tidak ada siswa yang memperoleh nilai sangat baik dengan persentase siswa yang memperoleh nilai baik hanya sebesar 22,22% yang berarti hanya 12 dari 54 orang saja yang memeroleh nilai baik.