Bagaimana Model Pembelajaran Inovatif Menumbuhkan Minat Wirausaha Mahasiswa? Sebuah Tinjauan Literatur

Authors

  • Lutfi
  • Abdullah Pandang Universitas Negeri Makassar
  • Arismunandar Universitas Negeri Makassar
  • Sahrul Syawal Universitas Negeri Makassar

Keywords:

model pembelajaran inovatif, minat, wirausaha, mahasiswa

Abstract

Minat wirausaha mahasiswa dapat bentuk melalui dengan proses pembelajaran yang terintegrasi, salah satunya melalui model pembelajaran inovatif. Artikel ini bertujuan untuk mengidentifikasi bagaimana model pembelajaran inovatif yang dapat diimplementasikan dalam pembelajran untuk menumbuhkan minat wirausaha mahasiswa. Model pembelajaran yang melibatkan proses tidak hanya berfokus pada teori tetapi juga praktik dan pengalaman langsung. Penelitian ini merupakan kajian lietratur dengan model meta sintesis. Hasil kajian literatur menemukan bahwa model pembelajaran berbasis masalah, pembelajaran berbasis proyek, dan pembelajaran berbasis pengalaman serta pembalajaran berbasis teknologi mampu menumbuhkan minat wirausaha mahasiswa.  Dengan demikian, model pembelajaran yang diterapkan harus mampu mengakomodasi pengembangan soft skills dalam membentuk kreativitas mahasiswa. Artikel ini juga mengidentifikasi beberapa masalah yang dihadapi dalam penerapan model pembelajaran, seperti kurangnya dukungan infrastruktur yang memadai, sumber daya yang lebih sedikit, dan pendekatan pembelajaran yang tepat, serta dukungan dari berbagai pihak, seperti pemerintah dan perguruan tinggi. Sebagai kesimpulan, penerapan model pembelajaran inovatif dengan pendekatan yang tepat mampu menumbuhkan kreativitas mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-05-05

How to Cite

Lutfi, Pandang, A., Arismunandar, & Syawal, S. (2025). Bagaimana Model Pembelajaran Inovatif Menumbuhkan Minat Wirausaha Mahasiswa? Sebuah Tinjauan Literatur. EDUVERSITY: Educational Diversity and Innovation, 1(1), 44–55. Retrieved from http://journal.unm.ac.id/index.php/learn/article/view/7720

Issue

Section

Articles