Penggunaan Media Permainan Card Words Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Membaca Permulaan Bahasa Indonesia Siswa Kelas II UPTD SD Negeri 145 Barru
DOI:
https://doi.org/10.26858/maccayya.v2i3.3271Keywords:
Media permainan card words, Hasil belajar, Membaca permulaan.Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya hasil belajar membaca permulaan siswa kelas II UPTD SD Negeri 145 Barru. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media permainan card words dalam meningkatkan hasil belajar membaca permulaan Bahasa Indonesia siswa kelas II UPTD SD Negeri 145 Barru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini yaitu guru dan 20 siswa kelas II UPTD SD Negeri 145 Barru. Data diperoleh dengan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan Kesimpulan. Penelitian ini dilakukan dengan tiga siklus. Pada siklus I aktivitas Guru berada pada kualifikasi Kurang (K), aktivitas siswa berada pada kualifikasi kurang (K), serta hasil evaluasi berada pada kualifikasi (K). pada pelaksanaan siklus II, aktivitas Guru berada pada kualifikasi cukup (C), aktivitas siswa berada pada kualifikasi cukup (C), serta hasil evaluasi berada pada kualifikasi cukup (C). pada pelaksanaan siklus III, aktivitas Guru berada pada kualifikasi baik (B), aktivitas siswa berada pada kualifikasi (B), serta hasil tes evaluasi berada pada kualifikasi baik (B). sehingga simpulan dari penelitian ini yakni dengan menggunakan media permainan card words dalam meningkatkan hasil belajar membaca permulaan Bahasa Indonesia siswa kelas II UPTD SD Negeri 145 Barru.
Downloads
References
Amran, M., Trophy, A.E & Kadir, A. (2022). Penggunaan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Inpres 12/79 Polewali. Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar,vol.6(2), 276-293.
Amrullah., M.A. (2019). Implementasi Manajeman Strategi di Sekolah Unggulan SMP Negeri 3 Tuban. Jurnal dinamika manajemen pendidikan. Vol.3(2): 104-105.
Jatiyasa,I.W.,&Nilayani, S.A.P.(2022).Penerapan Metode Belajar Membaca Tanpa Mengeja Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pada Siswa Sekolah Dasar Negeri Gugus II Abang Kecematan Abang Kabupaten Karangasem,Jurnal Ilmiah Pendidikan,Agama dan Kebudayaan Hindi,Vol.13(3), 243-256.
Muammar,. (2020). Membaca Permulaan di Sekolah Dasar. Mataram :Sanabil creative.
Nasution,A.F., (2023). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Cv. Harfa Creative.
Rijali, A.2018.Analisis Data Kualitatif.Jurnal Alhadharah,Vol.17(33):81-95.
Rimhasni. (2020). Penggunaan Media Kartu Kata Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas I SD Negeri 009 Rokan IV Koto Kabupaten Rokan Hulu Provinsi Riau. Jurnal ilmiah edu research. vol.9.(2):38-41.
Sari., E.R & Kurniaman., O. (2019). Penggunaan Media Kartu bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas II SDN 067 pekanbaru. Jurnal pendidikan guru sekolah dasar. Vol.8.(2): 125-126.
Sultan, M., A., & Akhmad, A. (2020). Media Podcast Terhadap Kemampuan Menyimak. Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan.Vol.4(1), 40-45.
Zainal., Z., Hasnah & Jasriani., A. (2019). Penggunaan Media Film Kartun Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SD Negeri 187 Pinrang. Jurnal matematika, sains dan pembelajarannya. Vol.5(1), 135-136.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sitti Maemunah, Lukman, Muhammad Asrul Sultan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.