Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Muatan IPS pada Siswa Kelas V UPTD SD Negeri 50 Parepare
DOI:
https://doi.org/10.26858/maccayya.v2i3.3518Keywords:
Group investigation, Keaktifan belajarAbstract
Penelitian ini membahas tentang penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation untuk meningkatkan proses dan keaktifan belajar siswa pada muatan IPS tentang peristiwa kebangsaan masa penjajahan di kelas V UPTD SD Negeri 50 Parepare. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V sebanyak 22 siswa. Data diperoleh melalui teknik observasi dan dokumentasi. Penelitian ini terdiri dari 3 siklus. Setiap siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Berdasarkan data hasil penelitian dari siklus I diperoleh data bahwa aktivitas guru dan aktivitas siswa berada pada kategori cukup (C) serta keaktifan belajar siswa berada pada kategori sedang. Hasil pembelajaran siklus II menunjukkan bahwa aktivitas guru berada pada kategori baik (B), aktivitas siswa berada pada kategori cukup (C), dan keaktifan belajar siswa berada pada kategori sedang. Adapun hasil pembelajaran siklus III menunjukkan bahwa aktivitas guru dan aktivitas siswa mencapai kategori baik (B) serta keaktifan belajar siswa berada pada kategori tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dapat meningkatkan keaktifan dalam proses pembelajaran siswa pada muatan IPS tentang peristiwa kebangsaan masa penjajahan di kelas V UPTD SD Negeri 50 Parepare.
Downloads
References
Jusrianti, Yulia, & Ilmi, N. (2021). Penerapan Metode Pembelajaran Preview , Question , Read , Reflect , Recite , Review ( PQ4R ) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Journal Of Education, 1(1), 1–14.
Maisarah. (2020). PTK dan Manfaat Bagi Guru. CV. Media Sains Indonesia.
Megawati. (2018). Pentingnya pengakomodasian pengalaman belajar pada pembelajaran ipa. Jurnal Tunas Pendidikan, 1(1), 21–30.
Millah, A. S., Apriyani, Arobiah, D., Febriani, E. S., & R. E. (2023). Analisis Data dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Kreativitas Mahasiswa, 1(2).
Naziah, S. T., Maula, L. H., & Sutisnawati, A. (2020). Analisis Keaktifan Belajar Siswa Selama Pembelajaran Daring pada Masa Covid-19 di Sekolah Dasar. Jurnal JPSD, 7(2), 109–120.
Pandiangan, A. P. B. (2019). Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Upaya Peningkatan Kulaitas Pembelajaran. Profesionalisme Guru dan Kompetensi Belajar Siswa. Yogyakarta. CV Budi Utama.
Prasanti, D. (2018). Penggunaan Media Komunikasi Bagi Remaja Perempuan Dalam Pencarian Informasi Kesehatan. Jurnal Lontar, 6(1), 13–21.
Prasetyo, A. P. & A. M. (2021). Peningkatan Keaktifan Belajar Melalui Model Discovery Learning Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1717–1724.
Suseno W., Yuwono I., & M. G. (2017). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel dengan Pembelajaran Kooperatif TGT. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(10), 1298–1307.
Yulia, Hasnah, & H. R. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Manusia dan Lingkungan Di Kelas V UPTD SD Negeri 55. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(3), 577–583.
Yohana. S. (2022). Kooperatif Tipe Investigation dan Aktivitas Belajar. Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Yulia, Natriani Syam, Kamisa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.