Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Kelas V
DOI:
https://doi.org/10.26858/maccayya.v2i3.3818Keywords:
cooperative learning model, make a matchAbstract
Abstract. This research was motivated by the low learning outcomes of fifth grade students
at UPT SDN 302 Pinrang. The formulation of the problem from this research is how can
the application of the make a match type cooperative learning model improve the student
learning process about the types of businesses in economic activity in class V UPT SDN
302 Pinrang and whether applying the make a match type cooperative learning model can
improve learning outcomes students about the types of businesses in economic activity in
class V UPT SDN 302 Pinrang. This research is a class action research which aims to find
out the process of applying the make a match type of cooperative learning model about the
types of businesses in class V economic activities and to find out the increase in learning
outcomes about the types of businesses in economic activities for class V students with
apply the cooperative learning model of the make a match type. The approach used in this
study is a qualitative approach. The subjects in this study were teachers and students of
class V UPT SDN 302 Pinrang, totaling 12 students. The data collection techniques used
were observation, tests, and documentation while the data analysis techniques used were
data condensation, data presentation, and drawing conclusions. This research was
conducted in two cycles. The results of the study show that the learning process with the
make a match type cooperative learning model shows changes in student learning
activities, learning interactions that occur and the way teachers teach. Changes in the
learning process led to an increase in student learning outcomes in cycle I with sufficient
qualifications (C) and cycle II with good qualifications (B).The conclusion in this study is
that the application of the make a match type of cooperative learning model can improve
the process and student learning outcomes about the types of businesses in the economic
activities of class V UPT SDN 302 Pinrang
Keywords: cooperative learning model, make a match, types of businesses in economic
activity
Abstrak. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas V UPT
SDN 302 Pinrang. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan
model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan proses belajar siswa
tentang jenis-jenis usaha dalam kegiatan ekonomi di kelas V UPT SDN 302 Pinrang dan
apakah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat
meningkatkan hasil belajar siswa tentang jenis-jenis usaha dalam kegiatan ekonomi di kelas
V UPT SDN 302 Pinrang. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang
bertujuan untuk mengetahui proses penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a
match tentang jenis-jenis usaha dalam kegiatan ekonomi kelas V dan untuk mengetahui
peningkatan hasil belajar tentang jenis-jenis usaha dalam kegiatan ekonomi siswa kelas V
dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Pendekatan yang
digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini
adalah guru dan siswa kelas V UPT SDN 302 Pinrang yang berjumlah 12 siswa. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi sedangkan
Teknik analisis data yang digunakan yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa proses belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe make a match
menunjukkan adanya perubahan pada aktivitas belajar siswa, interaksi belajar yang terjadi
dan cara mengajar guru. Perubahan proses pembelajaran mendorong pada peningkatan hasil
belajar siswa pada siklus I dengan kualifikasi cukup (C) dan siklus II dengan kualifikasi
baik (B). Kesimpulan penelitian ini adalah dengan penerapan model pembelajaran
kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa muatan
IPS tentang jenis-jenis usaha dalam kegiatan ekonomi kelas V UPT SDN 302 Pinrang.
Kata kunci: Model pembelajaran kooperatif; Make a match
Downloads
References
Afandi, M., Chamalah, E., & Wardani, O. P. (2013). Model Dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang. Unissula Press.
Arikunto, Suharsimi. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: bumi Aksara
Arisnandar, Hakim, A., & Ilmi, N. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kooperatif tipe make a match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Edu Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(1), 170–184. (JPAP), 9(2),321-334.
Halik, A., Israwaty, I., & Monalisa. (2019). Penerapan Metode Directed Reading Thinking Activity (DRTA) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDN 65 Parepare. Jurnal Nalar Pendidikan
Hasnah. (2013). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Melalui Pembelajaran Kooperatif Model Think Pair Share Di Kelas IV SD Negeri Kiru Kiru Kabupaten Barru. Jurnal Publikasi Pendidikan, 3(1), 26
Herawati. (2018). Memahami Proses Belajar Anak. Vol.2 (1) 40
Nurjannah, Zahrah, & Syam, N. (2021). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Kelas Lima di Kabupaten Pinrang. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 122–135.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Misykat, 03(1), 171– 187.
Pandiangan, A. P. B. (2019). Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran, Profesionalisme Guru dan Kompetensi Belajar Siswa. Yogyakarta. CV Budi Utama.
Rahayu Puji. (2019). Pelaku Kegiatan Ekonomi. ALPRIN: Semarang Jawa Tengah
Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.
Siyoto, S., & Sodik, A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta. Literasi Media Publishing.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Usman, Iyan, Sitti Nurjannah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.