Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Game Wordwall Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Di Kelas IV UPT SD Negeri 237 Pinrang
DOI:
https://doi.org/10.26858/maccayya.v2i3.3935Keywords:
Game Wordwall, Bahasa Indonesia, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran hasil belajar dan pengaruh penerapan media pembelajaran game wordwall terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa di kelas IV UPT SD Negeri 237 Pinrang. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pra eksperimental dalam bentuk one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV UPT SD Negeri 237 Pinrang, sedangkan sampelnya adalah siswa kelas IV. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan tes Bahasa Indonesia. Teknik analisis data yaitu dengan Uji Paired Sample T-test. Berdasarkan hasil analisis statistik inferensial menunjukkan Sig. (2-tailed) = 0,00 < 0,005, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, simpulan dari penelitian ini adalah terdpat perbedaan nilai hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diberikan perlakuan berupa media pembelajaran game wordwall di kelas IV UPT SD Negeri 237 Pinrang.
Downloads
References
Arni, R. (2021). Penggunaan Games Edukasi dengan Wordwall Solusi PJJ yang Menyenangkan. Proceedings Minasan. (hal. 10). Padang: Universitas Negeri Padang.
Diharjo, W. (2020). Game Edukasi Bahasa Indonesia Menggunakan Metode Fisher Yates Shuffle Pada Genre Puzzle Game. INTEGER: Journal of Information Technology, 5(2).
Dotutinggi, M., Alwyanto Z., & Abdul R. (2023). Pengaruh Pemanfaatan Game Edukasi Wordwall Pada Hasil Belajar Siswa Terhadap Pembelajaran Siswa di Sekolah. Jurnal Pendidikan Masyarakat Dan Pengabdian, Vol. 3(2): 363-368.
Farida, F., Chasanatun, F., & Khamidah, S. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Game Wordwall pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III di SDN 1 Durenan. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 4, 236-244.
Halik, A., Ilmi, N., & Erawaty, R. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review (SQ4R) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Membaca Pemahaman Siswa Kelas V UPTD SD Negeri 150 Barru. J-HEST Journal of Health Education Economics Science and Technology, 4(2), 122–129.
Hadi, S. (2019). Problematik Pendidikan Bahasa Indonesia Kajian Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Riset Dan Konseptual, 3(4), 74-78.
Halik, A., Zaid, Z., & Nisa, U.K. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV UPTD SD Negeri 146 Barru. Macayya Journal : Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol 2(1), 72-78.
Hidayaty Alfina, Mahwar Q., & Anandita E. S.(2020). Pengaruh Media Wordwall Terhadap Minat Dan Hasil Belajar. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan. Vol 10(10).3.
Kholiq, Abdul & Dian L. (2020). Tingkat Membaca Pemahaman Siswa SMA Kabupaten Lamongan. Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, Vol. 4(1): 17-32.
Kahfi, M., & Srirahayu, E. (2021). Penerapan multimedia interaktif untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA. PETIK: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 7(1), 63-70.
Kusumastuti, A., Ahmad Mustamil K, & Taufan A.(2020). Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Depublish.
Kusuma, E. (2024). Pemanfaatan Game Edukasi Wordwall untuk Meningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(2), 1566-1573.
Mujahidin, A. A., Salsabila, U. H., Hasanah, A. L., Andani, M., & Aprillia, W. (2021). Pemanfaatan media pembelajaran daring (quizizz, sway, dan wordwall) kelas 5 di sd Muhammadiyah 2 Wonopeti. Innovative: Journal Of Social Science Research, 1(2), 552-560.
Nurrita, T.(2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmu-ilmu Alquran, Hadist, syari’ah, dan Tarbiyah. Vol. 3(1).174.
Putri, I. L., Amril, A., & Hader, A. E. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Game Wordwall Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III SDN 10 Koto Baru Kabupaten Dharmasraya. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(3), 10090-10097.
Prasetya, D., & Marina, R. (2022). Studi Analisis Media Baru: Manfaat dan Permasalahan Dari Media Sosial dan Game Online. Telangke: Jurnal Telangke Ilmu Komunikasi, 4(2), 01-10.
Paida, A., & Rahmadani, A. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Literasi Word Wall Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas VI SDN 7 Pulau Karanrang Kab. Pangkep. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 6(2), 1898-1904.
Peraturan Pemerintah No. 57 Tahun 2014.
Rahayu, A., & Fitri, A. (2021). Hakikat perencanaan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia. PENTAS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(1), 36-48.
Repelita, T. (2018). Sejarah Perkembangan Bahasa Indonesia (Ditinjau dari Prespektif Sejarah Bangsa Indonesia). Jurnal Artefak, 5(1), 45-48.
Sari, E., & Putri, F. N. A. (2023). Peningkatan Membaca Pemahaman Pada Teks Narasi Melalui Media Wordwall. SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 10(4), 142-156.
Setyowahyudi, R., Tirtayani, L. A., & Indana, N. (2023). Pengaruh Games Interaktif Wordwall terhadap Kemampuan Mengenal Budaya Bali Anak Usia Taman Kanak Kanak. Early Childhood Research Journal (ECRJ), 6(1), 46-54.
Usman, Musfirah, & Andi F. A. (2023). Efektifitas Media Wordwall Berbasis Game Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV UPTD SD Negeri 145 Barru. 385–402.
Wahid,A.(2018). Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan Keguruan. Vol. 5(2). 4-5.
Widiastuti, K. K., & Nisa, A. F. (2023, February). Peningkatan Hasil Belajar Perkembangbiakan Tumbuhan Secara Vegetatif Melalui Game Edukasi Berbantuan Wordwall. In Prosiding Dewantara Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 1, No. 01).
Zulfah, N. (2023). Pemanfaatan Media Game Edukasi Wordwall Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(1), 11-11.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Usman, Natriani Syam, Nur Rahmi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.