Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Digital Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa di SDN Inpres Kapa Pinrang
DOI:
https://doi.org/10.26858/maccayya.v2i3.5055Keywords:
Media Pembelajaran, Motivasi Belajar, Sekolah dasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media pembelajaran digital terhadap peningkatan motivasi belajar siswa SDN Inpres Kapa Pinrang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan Focus Group Discussion (FGD). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran digital berkontribusi secara signifikan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, terlihat dari meningkatnya partisipasi dan antusiasme siswa selama proses pembelajaran. Penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi media pembelajaran digital di kelas. Implikasi dari penelitian ini menekankan pentingnya penyediaan infrastruktur yang memadai serta pelatihan guru agar potensi media pembelajaran digital dapat mendukung proses belajar-mengajar secara interaktif dan integratif.
Downloads
References
APJII. (2022). Profil Internet Indonesia 2022. In SRA Consulting. (Issue June).
Berlian. (2021). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Audio-Visual pada Mata Pelajaran Fikih di MTsN Palopo. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 10(3), 187–196. https://doi.org/10.58230/27454312.104
Damara, M. A., Kustiono, K., & Sukirman, S. (2018). Pengembangan Rancangan Pameran Virtual Berbasis Media Augmented Reality. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, 6(1), 33–40. https://doi.org/10.15294/ijcets.v6i1.21213
Erfayliana, Y., Kusumawati, O., & Juniarta, T. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan Kelas IV SD/MI. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 9(1), 107–118. https://doi.org/10.24042/terampil.v9i1.12167
Firmansyah, H. (2024). Penggunaan Media Pembelajaran Digital untuk Meningkatkan Minat Belajar Sejarah di Sekolah Menengah Atas. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 9(2), 541–548. https://doi.org/10.24815/jimps.v9i2.30416
Gita, A., Somakim, S., & Syarifuddin, S. (2023). Need Analysis of Mathematics Learning in 8th Grade Junior High School Palembang. Journal of Curriculum Indonesia, 6(1), 1. https://doi.org/10.46680/jci.v6i1.71
Kemendikbudristek. (2023). Rapor Pendidikan. Rapor Pendidikan. https://raporpendidikan.kemdikbud.go.id/
Laila, A. (2023). Systematic Literature Review : Penelitian Discovery Learning Menggunakan Vosviewer Di Database Google Scholar Tahun 2020-2022. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 9(1), 31–36. https://doi.org/10.26740/jrpd.v9n1.p31-36
Mu’ah, Masram, Singgih, C. triono, & Faadhilah, A. (2023). Sosialisasi Google Classroom Dan Zoom Sebagai Media Pembelajaran Online Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Tumenggungbaru. J-Abdi Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(9), 6139–6144.
Ratnaningsih, S., & Nastiti, G. (2018). Upaya Meningkatan Motivasi Belajar Siswa dengan Menggunakan Media Gambar Pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 5(2), 275. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v5i2.3397
Rohmani, R. (2019). Pembelajaran Ipa Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Minat Dan Prestasi Belajar Siswa. Eksponen, 9(1), 67–78. https://doi.org/10.47637/eksponen.v9i1.134
Rumi, J., Resa, A., Nurhikma, F., Fillah, M., Gazali, M., & Aljabar, A. (2023). Menginterkonektivitaskan Transisi Dan Transformasi Belajar-Mengajar Yang Berkesetaraan Dan Berkesejahteraan Dalam Kerangka Digital Learning. ProsidingTemu Ilmiah Nasional Guru XV Universitas Terbuka, 15(1), 430–450.
Sundari, A., Fauzia, F. I., Zulfikar, M. F., Adinda, R., & ... (2024). Pengintegrasian Teknologi dalam Kurikulum Sekolah Dasar: Peran Kebijakan dalam Pembelajaran Digital. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4, 5115–5125. http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/10933
UNICEF. (2021). Analisis Situasi Untuk Lanskap Pembelajaran Digital Di Indonesia. Quicksand Design Studio Pvt. Ltd., 1–131. https://www.unicef.org/indonesia/media/13421/file/Analisis Situasi untuk Lanskap Pembelajaran Digital di Indonesia.pdf
Usman, Jumiati, J., & Julianti, F. (2021). Efektivitas Penggunaan Mobile Learning Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 3(2). https://doi.org/10.24176/jpp.v3i2.5859
Yusriati, Y., Safruddin, S., & Rosyidah, A. N. K. (2022). Pengembangan Media Pop Up Book Pada Materi Bangun Ruang Kelas V SDN 09 Ampenan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3c), 1959–1964. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3c.878
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muh. Inayah A.M, Evi Syarah, Asmirinda Resa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.