Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Peserta Didik UPTD SD Negeri 228 Pinrang
DOI:
https://doi.org/10.26858/maccayya.v2i3.5314Keywords:
Model Pembelajaran Problem Based Learning, Proses Belajar, Numerasi, MatematikaAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas V UPT SD Negeri 228 Pinrang yang belum mencapai KKTP (Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan proses dan numerasi peserta didik dengan menerapkan moldel pembelajaran problem based learning. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Fokus penelitian ini adalah fokus proses dan fokus numerasi. Penelitian ini dilaksanakan di UPTD SD Negeri 228 Pinrang dengan subjek penelitian yaitu guru dan siswa kelas V UPTD SD Negeri 228 Pinrang tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 20 siswa terdiri dari 11 laki-laki dan 9 perempuan. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus, setiap siklus 2 kali pertemuan yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan reflekasi. Dari pelaksanaan penelitian diperoleh data yang dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, tes evaluasi dan dokumentasi. Berdasarkan data yang diperoleh selama pelaksaan siklus I, aktivitas guru berada pada kualifikasi cukup (C), aktivitas siswa berada pada kualifikasi cukup (C). Pada pelaksanaan siklus II, aktivitas guru berada pada kualifikasi baik (B), aktivitas siswa berada pada kualifikasi baik (B). Sehingga simpulan dari penelitian ini yakni dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan numerasi peserta didik kelas V UPTD SD Negeri 228 Pinrang.
Downloads
References
Adiatma, L. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar tentang Kegiatan Ekonomi Peserta didik Kelas V UPTD SPF SDN 20 Totakka Kecamatan Lalabata Kabupate Soppeng. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2), 148-163.
Ali, N. N., & Ni’mah, K. (2023). Analisis Kemampuan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Geometri Pada Asesmen Kompetensi Minimum-Numerasi. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JIM-MR), 4(2), 267-274.
Ekowati, D. W., Astuti, Y. P., Utami, I. W. P., Mukhlishina, I., & Suwandayani, B. I. (2019). Literasi Numerasi di SD Muhammadiyah. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(1), 93-103.
Fauzy, A., & Nurfauziah, P. (2021). Kesulitan Pembelajaran Daring Matematika Pada Masa Pandemi COVID-19 di SMP Muslimin Cililin. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 551–561.
Fiangga, S., M. Amin, S., Khabibah, S., Ekawati, R., & Rinda Prihartiwi, N. (2019). Penulisan Soal Literasi Numerasi bagi Guru SD di Kabupaten Ponorogo. Jurnal Anugerah, 1(1), 9–18.
Fitriyani, D., & Nurhikmayati, I. (2020). Analisis Kesalahan Literasi Matematis Peserta Didik Berdasarkan Prosedur Newman. Prosiding Seminarr Nasional Pendidikan 2 FKIP UNMA. (hal. 61-72). Majalengka: Universitas Majalengka
Puspaningtyas, N. D., & Ulfa, M. (2021). Pelatihan Soal Matematika Berbasis Literasi Numerasi pada Peserta didik SMA IT Fitrah Insani. Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA, 4(2), 137–140.
Ritonga, M., Matondang, Y., Miswan, M., & Parijas, P. (2020). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru MIN 1 Pasaman Barat. Adimas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 76-82.
Saragih, L. M., Tanjung, D. S., & Anzelina, D. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Open Ended terhadap Hasil Belajar Peserta didik pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Basicedu, 5(4), 2644–2652.
Siskawati, F. S., Chandra, F. E., & Irawati, T. N. (2021). Profil Kemampuan Literasi Numerasi di Masa Pandemi Cov-19. Seminar Nasional : Arah Kebijakan Pendidikan dan Kajian Riset di Era New Normal, 3(1), 253-261.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Fajar Fajar, Nurul Mukhlisa, St. Maryam M

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.