SISTEM INFORMASI WEBSITE LAPOR WALIKOTA SEBAGAI PELAYANAN PUBLIK DI KOTA PALU
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem informasi website Lapor Walikota sebagai pelayanan di Kota Palu. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawacara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sistem informasi website Lapor Walikota di Kota Palu sudah berjalan dengan baik sesuai dengan model kesuksesan sistem informasi DeLone dan McLean. Hal ini dapat dilihat dari tiga indikator yang sudah berjalan dengan baik yaitu: kualitas sistem, penggunaan, dan hasil bersih yang diterima. Dua indikator berjalan dengan cukup baik yaitu: kualitas layanan dan kepuasan pemakai. Satu indikator lainnya masih kurang baik yaitu: kualitas informasi. Adapun faktor pendukung sistem informasi website Lapor Walikota adalah komitmen Pemerintah Kota Palu, lingkungan dan infrastruktur yang mendukung. Sedangkan faktor penghambatnya adalah gangguan jaringan dan masih ada beberapa aduan yang tidak berisi informasi yang lengkap, serta masih terdapat juga aduan kosong yang masuk.