Analisis Keterampilan Proses Sains pada Pembelajaran IPA Setelah Pandemi Covid-19: Literatur Review
Keywords:
Keterampilan Proses Sains, Literatur Review, Teknik PRISMA, Pembelajaran IPAAbstract
Keterampilan proses sains merupakan salah satu dari capaian pembelajaran pada kurikulum merdeka pada pembelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan literatur review pada sejumlah artikel yang telah diterbitkan pada jurnal pendidikan IPA di Indonesia setelah pandemi covid-19 tahun 2021-2024 dengan keterampilan proses sains pada pembelajaran IPA di SMP sebagai fokus penelitian. Artikel yang dikumpulkan melalui database google scholar dan dipublikasikan melalui jurnal terakreditasi Kemendikbudristek. Terdapat 17 data jurnal yang menjadi sampel. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik PRISMA. Berdasarkan hasil analisis penelitian diperoleh bahwa terdapat beberapa model pembelajaran yang dapat melatihkan keterampilan proses sains dengan baik dan membantu peserta didik dapat menyelesaikan masalah sehari-hari.