Potensi Model Pembelajaran PILOT(Problem Analysis By Evaluate Thought Together) untuk Memberdayakan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Pembelajaran Biologi

Authors

  • Nurma Nurma SMP Negeri 3 Majene
  • Rudiawan Rudiawan SMK Negeri 7 Majene
  • Syarifah Abbas SMP Negeri 2 Majene
  • Arsad Bahri Universitas Negeri Makassar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi yang dihasilkan dari integrasi atau penggabungan dua model. Model PILOT (Problem Analysis By Evaluate Thought Together) adalah integrasi model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Jigsaw. Motode yang digunakan adalah Literature Review atau Studi Pustaka. Adapun prinsip reaksi yang dihasilkan adalah adanya situasi yang menarik; adanya tantangan bagi peserta didik; peserta didik lebih aktif; kolaborasi dengan teman; adanya komunikasi; meningkatkan percaya diri; pembelajaran terpusat pada peserta didik. Dampak pengiring model pilot adalah meningkatnya kemampuan literasi peserta didik; peserta didik berusaha yang terbaik dalam menyelesaikan tugas; meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Model Problem Analysis By Evaluate Thought Together adalah integrasi model Pembelajaran Berbasis Masalah dan model Jigsaw.

Kata kunci: keterampilan berpikir kritis, kooperatif-tipe jigsaw, pembelajaran berbasis masalah-PBL

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-11-18 — Updated on 2023-11-18