Pengaruh Model Penerapan Pembelajaran Flipped Classroom pada Pembelajaran Biologi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 1 Tinambung

Authors

  • Nur Nadia Universitas Negeri Makassar
  • Nurhayati B Universitas Negeri Makassar
  • DDPUS Patongai Universitas Negeri Makassar
  • Faisal Faisal Universitas Negeri Makassar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa di kelas dengan menggunakan model pembelajaran flipped classroom pada materi sistem gerak manusia dan untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa pada kelas yang tidak menggunakan model flipped classroom. Jenis penelitian ini yaitu Quasi Eksperimen Design dan sampel terdiri atas kelas XI MIPA 3 dan XI MIPA 4 dengan menggunakan Teknik random sampling. Data yang dikumpulkan terdiri dari data hasil belajar peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, yang terdiri dari 25 soal pilihan ganda pretest dan posttest dengan teknik pengolahan data uji Anacova dengan menggunakan program SPSS (Statistical Product and Service Solution). Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest kelas eksperimen yaitu 86 lebih tinggi dari nilai rata- rata posttest kelas kontrol 55,2. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa model pembelajaran Flipped Classroom berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem gerak kelas XI SMA Negeri 1 Tinambung

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-11-18