MODEL PEMBELAJARAN A2IPAR SEBAGAI SOLUSI UNTUK MELATIH DAN MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK
Abstract
Pendidikan saat ini menuntut peserta didik untuk menguasai keterampilan abad ke 21. Keterampilan belajar abad 21 dikenal dengan istilah 6C (Critical thinking, Collaboration, Communication, Creativity, Citizenship, Character) dapat dilatihkan melalui proses pembelajaran di sekolah dengan penerapan model pembelajaran. Pengembangan model pembelajaran A2IPAR merupakan model pembelajaran yang dirancang untuk melatih dan meningkatkan salahsatu keterampilan abad 21 yaitu keterampilan berpikir kreatif. Keterampilan berpikir kreatif merupakan bagian dari proses pembelajaran untuk membantu peserta didik menjadi pebelajar sukses, individu yang percaya diri serta menjadi warga negara yang bertanggung jawab. Keterampilan berfikir kreatif proses berpikir yang berasal dari gagasan atau pemikiran yang tidak hanya memecahkan suatu masalah, tetapi juga mampu melihat alternatif untuk memecahkan masalah. Model pembelajaran A2IPAR terdiri dariĀ enam tahapan yaitu, Activitition, Analayztion, Ideation, Presentattion, Aplication, Reflection. Penelitian ini merupakan pengembangan review. Pemilihan model ini didasarkan pada berbagai literatur yang sistematis dan jelas sehingga mudah untuk dilaksanakan dalam proses pembelajaran yang efektif dan efisien. Namun pada pengembangan model pembelajaran A2IPAR hanya sampai pada tahap pengembangan model pembelajaran.