Profil Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik pada Pembelajaran Biologi di SMA Negeri se-Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar

Authors

  • Nurasmila Nasrun Universitas Negeri Makassar
  • Oslan Jumadi
  • Muhiddin Pallenari

Abstract

Literasi sains merupakan kemampuan untuk menggunakan pengetahuan sains dalam upaya memecahkan masalah sains. Literasi sains dalam penelitian ini berdasarkan OECD (Organisation for Economic Co-operation and Development) terdiri dari empat aspek yaitu konteks, kompetensi, pengetahuan, dan sikap sains yang mengacu pada test of scientific literacy skills. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui profil kemampuan literasi sains peserta didik kelas XI pada pembelajaran biologi materi sistem pernapasan di SMA Negeri se-Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar yang meliputi SMAN 7 Makassar, SMAN 15 Makassar, SMAN 18 Makassar, dan SMAN 22 Makassar. Jumlah sampel sebanyak 257 peserta didik dipilih dari keempat sekolah secara random. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan metode survey dan pemberian tes dalam bentuk pilihan ganda. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata kemampuan literasi sains peserta didik berada pada kategori sedang yaitu 58,00 dengan persentase 51,67% peserta didik. Selain itu, 3,1% peserta didik pada literasi sains kategori sangat tinggi, 9,3% peserta didik kategori tinggi, 18,03% peserta didik kategori rendah, dan 17,9% peserta didik kategori sangat rendah.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-11-24