Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Peserta Didik Kelas XI di SMAN 7 Maros Melalui Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantu Media Berbasis Permainan Teka-Teki Silang
Keywords:
Discovery learning, Hasil belajar, Teka-teki silangAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Siswa melalui model pembelajaran Discovery Learning Berbantu Media Berbasis Permainan Teka-Teki Silang. Penelitian ini dilakukan di SMAN 7 Maros Kelas XI MIPA 1 semester ganjil tahun ajaran 2023/2024 dengan subjek penelitian berjumlah 28 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Hasil belajar siswa yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif. Penerapan model pembelajaran Discovery Learning berbantu media teka-teki silang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Biologi kelas XI MIPA 1 SMAN 7 Maros. Hal ini terlihat dari adanya peningkatan persentase rata-rata hasil belajar siswa 68% dalam kategori tuntas pada siklus I dan meningkat menjadi 86% pada siklus II atau dari 32% dalam kategori tidak tuntas pada siklus I menjadi 14% pada siklus II.