Profil Penggunaan Keterampilan Proses Sains Pada Pembelajaran Biologi Di Kelas X MAN Pinrang

Authors

  • Dyah Nabila Ramadani Universitas Negeri Makassar
  • Nurhayati B Universitas Negeri Makassar
  • Hartati Hartati Universitas Negeri Makassar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan metode kuantitatif deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui Profil penggunan katerampilan proses sains pada pembelajaran biologi di kelas X MIPA MAN Pinrang. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrumen tes berjumlah 10 butir soal essay dan instrumen berupa lembar observasi. Adapun indikator proses sains yang digunakan yakni keterampilan proses sains dasar yang terdiri dari observasi, klasifikasi, komunikasi, pengukuran, penarikan kesimpulan (inferensi) dan Prediksi dan mengajukan pertanyaan. Berdasarkan tes keterampilan proses sains diperoleh rerata nilai siswa berada pada kategori sedang dengan 57% kemudian rerata nilai siswa dari ke enam indikator yang berada pada kategori sedang. Hal tersebut dikarenakan di dalam proses pembelajaran belum diterapkan materi yang berkenaan dengan indikator keterampilan proses sains secara optimal. Hal ini sejalan dengan hasil observasi pada proses pembelajaran, juga uji tes keterampilan proses sains yang menyimpulkan bahwa penggunaan keterampilan proses sains disekolah ini belum maksimal atau masih dalam kategori sedang dan perlu ditingkatkan lagi. Peningkatan kategori keterampilan proses sains siswa dapat dicapai dengan meningkatkan proses pembelajaran dan tetap membiasakan siswa dalam suatu pendekatan ilmiah, dan selalu membimbing serta memotivasi siswa selama proses pembelajaran. Peran guru sangat penting dalam mempengaruhi keterampilan proses sains siswa karena jalanya proses pembelajaran bergantung pada kreativitas dan visi mengajar guru.

 

Kata Kunci : Keterampilan proses sains, Pembelajaran abad 21, Sains

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-11-25