Model Pembelajaran RESE (Reading, Exploring, Solving, Evaluating) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah

Authors

  • Rahmawati Rahmawati Universitas Negeri Makassar

Abstract

Pembelajaran abad 21 atau revolusi industri 4.0 menuntut guru untuk menyiapkan peserta didik memiliki kemampuan memecahkan masalah, menguasai keterampilan teknologi dan informasi serta mampu berinovasi. Keterampilan yang harus dimiliki pada abad 21 yaitu 7 karakter. Kemampuan memecahkan masalah merupakan salah satu aspek yang perlu dikembangkan dalam keterampilan abad 21. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Produk berupa model pembelajaran RESE yang mengacu pada model pengembangan SAM (Successive Approximation Model) yang terdiri dari 3 (tiga) tahapan, yaitu: (1) evaluasi, (2) desain, dan (3) pengembangan. Model pembelajaran RESE telah mengarah pada pembelajaran abad 21,  peserta didik diarahkan untuk dapat memecahkan masalah dengan 4 (empat) tahap, yaitu (1) Reading, (2) Exploring, (3) solving, (4) Evaluating. Inovasi model pembelajaran ini, siswa diharapkan dapat memberdayakan keterampilan memecahkan masalah, sehingga manjadi bekal dalam melakukan segala sesuatu yang terlibat dalam pemecahan masalah di kehidupan sehari-hari serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia, khususnya pendidikan di Indonesia.

Kata kunci: Keterampilan Abad 21, Keterampilan Pemecahan masalah, dan Model Pembelajaran RESE.

ABSTRACT

Twenty-first century learning or industrial revolution 4.0 requires teachers to prepare students who have the ability to solve problems, master technology and information skills and be able to create them. The skills that must be possessed in the 21st century are 7 character. The ability to solve problems is one aspect that needs to be developed in 21st century skills. The type of research used in this research is research and development or Research and Development (R&D). The product is a RESE learning model that refers to the SAM (Successive Approximation Model) development model which consists of 3 (three) stages: (1) evaluation, (2) design, and (3) development. The RESE learning model has led to 21st century  learning,  students  are  directed  to be able to solve problems with 4 (four)

stages, namely (1) Reading, (2) Exploring, (3) Solving, (4) Evaluating. In this innovative learning model, students are expected to be able to solve problem-solving skills so that they become equipped to do everything involved in solving problems in everyday life and improve the quality of human resources, especially education in Indonesia.

Keywords: Twenty-first  Century Skills, Problem Solving Skills, and the RESE Learning Model.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-11-13