Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA Negeri 8 Makassar

Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA Negeri 8 Makassar

Authors

  • rifka almunawarah Program Pascasarjana, Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Negeri Makassar
  • Adnan Adnan Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
  • Arsad Bahri Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

Keywords:

Analisis, Berpikir Kritis, Pembelajaran Biologi

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan tujuan untuk mengetahui tingkat keterampilan berpikir kritis pada pembelajaran biologi peserta didik kelas XI SMAN 8 Makassar. Merupakan penelitian (Ex Post Facto) yang bersifat deksriptif tanpa memberikan perlakuan sebelumnya terhadap peserta didik sehingga hanya mengungkap variabel itu apa adanya tanpa menghubungkan terhadap variabel lain. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMA Negeri 8 Makassar tahun ajaran 2022/2023 dan sampelnya dipilih secara acak dengan total ada 4 kelas yang berjumlah 122 peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes keterampilan berpikir kritis biologi pada materi sel yang telah divalidasi oleh 3 validator ahli dan bersifat valid untuk digunakan dengan nilai 4,50. Hasil  analisis deskriptif menunjukkan bahwa keterampilam berpikir kritis peserta didik  biologi SMA Negeri 8 Makassar adalah 61,20±9,91 dengan kategori baik. Dari 122 pesera didik yang dilibatkan sebanyak 60 (49,18%) sudah dapat berpikir kritis dengan kategori baik dan sangat baik, tetapi sebanyak 62 (50,82%) peserta didik dengan keterampilan berpikir kritis dalam kategori kurang baik dan tidak baik. Dari enam indikator berpikir kritis yaitu fokus, alasan, situasi dan kejelasan berada dalam kategori baik dan dua indikator lain yaitu kesimpulan dan meninjau kembali tergolong kurang baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-11-13