Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dalam Setting Eksperimen terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Palopo

Authors

  • Widya Resky Pratiwi Universitas Negeri Makassar
  • Syamsiah Syamsiah Universitas Negeri Makassar
  • Adnan Adnan Universitas Negeri Makassar

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dalam setting eksperimen dan pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dalam setting eksperimen terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Palopo. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian posttest only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Palopo. Sampel penelitian dipilih secara acak dan terpilih kelas XI MIPA 3 sebagai kelompok eksperimen dan kelas XI MIPA 5 sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan inferensial. Analisis deskriptif yang digunakan yaitu deskripsi data dan distribusi frekuensi. Analisis statistik inferensial berupa uji prasyarat (uji normalitas dan homogenitas) serta uji hipotesis menggunakan independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dalam setting eksperimen berada pada kategori sangat baik dan terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran inkuiri terbimbing dalam setting eksperimen terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Palopo.

Kata kunci: inkuiri terbimbing, eksperimen, hasil belajar.

ABSTRACT

This study aims to determine the learning outcomes of students taught using the guided inquiry learning model in an experimental setting and the effect of the guided inquiry learning model in an experimental setting on the learning outcomes of students in class XI SMA Negeri 1 Palopo. This research is a pseudo experimental research with posttest only control group design. The population in this study were all 11th grade students of SMA Negeri 1 Palopo. The research sample was randomly selected and XI MIPA 3 class was chosen as the experimental group and XI MIPA 5 class as the control group. Data collection techniques using tests. Data analysis techniques used were descriptive and inferential analysis. Descriptive analysis used is data description and frequency distribution. Inferential statistical analysis in the form of prerequisite tests (normality and homogeneity tests) and hypothesis testing using independent sample t-test. The results showed that the learning outcomes of students taught using the guided inquiry learning model in experimental settings were in the very good category and there was a significant effect of the guided inquiry learning model in experimental settings on the learning outcomes of students in class XI SMA Negeri 1 Palopo.

Keywords: guided inquiry, experimental, learning outcomes.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-11-14