Analisis Kebutuhan Pengembangan Tes Diagnostik Three Tier Multiple Choice Untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi Peserta Didik pada Materi Sistem Peredaran Darah

Authors

  • A. Khaeru Nisa Universitas Negeri Makassar
  • Ismail Ismail Universitas Negeri Makassar
  • Adnan Adnan Universitas Negeri Makassar

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini berfokus pada analisis kebutuhan instrumen untuk mengidentifikasi miskonsepsi yakni tes diagnostik three-tier multiple choice. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kebutuhan guru dan peserta didik terhadap tes diagnostik three-tier multiple choice materi sistem peredaran darah yang akan dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian terdiri dari guru Biologi dan peserta didik kelas XI. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah survey dengan instrumen penelitian berupa angket analisis kebutuhan. Analisis data dilakukan dengan mereduksi data-data yang diperoleh ke dalam data yang lebih spesifik untuk disajikan secara deskriptif. Hasil penelitian diperoleh bahwa penggunaan tes diagnostik masih kurang serta guru dan peserta didik membutuhkan instrumen tes diagnostik berupa tes diagnostik three-tier multiple choice. Berdasarkan hal tersebut, dibutuhkan adanya pengembangan tes diagnostik three-tier multiple choice pada materi sistem peredaran darah.

Kata kunci:  Miskonsepsi, Tes Diagnostik, Three-Tier Multiple Choice, Sistem Peredaran Darah

 

ABSTRACT

This research focuses on analyzing the needs of instruments to identify misconceptions, namely three-tier multiple choice diagnostic tests. The purpose of this study was to determine the needs of teachers and students for the three-tier multiple choice diagnostic test of circulatory system material to be developed. This research is a quantitative descriptive research. The research subjects consisted of Biology teachers and students of class XI. The data collection technique used was a survey with instrument in the form of a needs analysis questionnaire. Data analysis was carried out by reducing the data obtained into more specific data to be presented descriptively.. The results of the study found that the use of diagnostic tests diagnostic tests are still lacking and teachers and students need diagnostic test instruments in the form of three-tier multiple choice diagnostic tests. diagnostic test instrument in the form of a three-tier multiple choice diagnostic test. Based on this this, there is a need for the development of a three-tier multiple choice diagnostic test on circulatory system material. choice diagnostic test on circulatory system material.

Keywords: Misconceptions, Diagnostic Tests, Three-Tier Multiple Choice, Circulatory System.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-11-14 — Updated on 2023-11-24