Pengaruh Pembelajaran Blended Learning dalam Setting Glosarium dan Forum Diskusi terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MAN 1 Kota Makassar

Authors

  • Khusnul Khatimah Universitas Negeri Makassar
  • Halifah Pagarra Universitas Negeri Makassar
  • Adnan Adnan Universitas Negeri Makassar

Abstract

Penelitian dilaksanakan agar mengetahui pengaruh pembelajaran blended learning dalam setting glosarium dan forum diskusi terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI MAN 1 Kota Makassar. Penelitian yang dilakukan termasuk jenis penelitian eksperimen semu dengan menggunakan desain postest only control design. Pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan teknik random sampling yaitu pengambilan sampel anggota populasi secara acak, sehingga diperoleh 2 kelompok yang terdiri dari kelompok eksperimen yang menerapkan model pembelajaran biologi kontruktivis berbasis teknologi informasi dan komunikasi dengan pendekatan blended learning dan kelompok kontrol menerapkan model direct instruction dengan pendekatan teacher based learning. Teknik pengumpulan data melalui tes, di mana data yang telah terkumpul selanjutnya akan dianalisis secara statistik deksriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis deskriptif memperlihatkan hasil belajar kelompok eksperimen termasuk pada kategori sangat baik dan baik adapun hasil belajar kelompok kontrol termasuk pada kategori baik dan cukup. Hasil analisis inferensial memperlihatkan terdapat pengaruh pembelajaran blended learning terhadap hasil belajar peserta didik. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran blended learning dalam setting glosarium dan forum diskusi memiliki pengaruh positif terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI MAN 1 Kota Makassar.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-11-14