Analisis Kebutuhan Pengembangan Modul Ajar Berbasis Saintifik Materi Inovasi Teknologi Biologi Fase E
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis kebutuhan guru dan peserta didik sebagai langkah awal sebelum mengembangkan modul ajar berbasis saintifik pada materi Inovasi Teknologi Biologi. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yakni satu guru biologi dan peserta didik kelas X.1 SMA Negeri 6 Soppeng yang berjumlah 35 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen wawancara terstruktur untuk guru dan wawancara terstruktur dengan pertanyaan tertutup untuk peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil wawancara guru selalu menggunakan pendekatan saintifik dengan model pembelajaran yang berbeda-beda untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar peserta didik agar tidak merasa bosan. Sementara itu, peserta didik banyak yang menyukai model pembelajaran yang diberikan oleh guru walaupun ada beberapa metode yang membuat siswa merasa bosan. Selain itu, guru belum sepenuhnya menggunakan LKPD dalam proses pembelajaran, sehingga sangat diperlukan modul ajar berbasis saintifik untuk materi Inovasi Teknologi Biologi untuk siswa kelas X. Modul ajar yang akan dikembangkan memuat komponen-komponen untuk lebih meningkatkan motivasi belajar siswa melalui LKPD maupun metode pembelajaran yang menarik dalam kurikulum merdeka.