Pengaruh Edukasi Gizi Seimbang Terhadap Pengetahuan Gizi Peserta Didik di SMAN 13 Takalar

Authors

  • Yuniar Yuniar Universitas Negeri Makassar
  • Mushawwir Taiyeb
  • Halifah Pagarra

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan gizi dan pengaruh edukasi gizi seimbang terhadap pengetahuan gizi peserta didik di SMAN 13 Takalar. Penelitian ini merupakan Quasi eksperiment (eksperimen semu) dengan bentuk desain pretest-posttest control group design. Penelitian ini telah dilaksanakan di SMAN 13 Takalar pada bulan Agustus - September 2023. Populasi yang digunakan dalam penelitian adalah seluruh rombel kelas XI IPA di SMAN 13 Takalar. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik random sampling dan terpilih kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah peserta didik 33 orang dan XI IPA 3 sebagai kelas kontrol dengan jumlah peserta didik 32 orang. Teknik pengambilan data yang digunakan yaitu soal tes mengenai pengetahuan gizi. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa pengetahuan gizi peserta didik pada kelas eksperimen setelah perlakuan terbanyak berada pada kategori baik yaitu sebesar 51,5%. Hasil analisis statistik inferensial menggunakan analisis kovarian (Anakova) menunjukkan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dengan demikian bahwa ada pengaruh edukasi gizi seimbang terhadap pengetahuan gizi peserta  didik di SMAN 13 Takalar.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-11-14