Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Dalam Setting Eksperimen Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik SMAN 7 Soppeng

Authors

  • A. Nurfadillah Vityana Najwa Universitas Negeri Makassar
  • Muhammad Wiharto Caronge Universitas Negeri Makassar
  • Adnan Adnan Universitas Negeri Makassar

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui pengaruh dari penerapan model pembelajaran inkuiri terhadap tingkat motivasi belajar yang ada pada siswa di SMA Negeri 7 Soppeng. Metode penelitian yang digunakan yaitu berupa eksperimen dengan menerapkan pendekatan quasi experiment, menggunakan desain posttest only control group design. Populasi yang diambil dalam penelitian ini yaitu terdiri dari siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 7 Soppeng. Sampel dipilih secara acak, dengan XI MIPA 2 yang dimana sebagai kelompok eksperimen dan XI MIPA 3 sebagai kelompok kontrol. Data dikumpulkan menggunakan angket non-tes untuk mengukur motivasi belajar siswa, dan data tersebut dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam kelompok kontrol, motivasi belajar pada siswa cenderung berada dalam kategori sedang, sebanyak 47,83%. Sementara dalam kelompok eksperimen, tingkat motivasi belajar siswa cenderung tinggi, mencapai 60,71%. Dari temuan ini dapat ditarik kesimpulan bahwa pada penerapan model pembelajaran inkuiri memiliki pengaruh positif terhadap motivasi belajar yang ada pada diri siswa dalam mata pelajaran biologi.

Kata kunci: Inkuiri, Motivasi, Siswa SMA.

ABSTRACT

This study aims to determine the effect of the application of the inquiry learning model on the level of learning motivation that exists in students at SMA Negeri 7 Soppeng. The research method used is an experiment by applying a quasi experiment approach, using a post-test only control group design. The population taken in this study consisted of XI MIPA class students at SMA Negeri 7 Soppeng. The sample was randomly selected, with XI MIPA 2 as the experimental group and XI MIPA 3 as the control group. Data were collected using a nontest questionnaire to measure students' learning motivation, and the data were analyzed descriptively. The results showed that in the control group, students' learning motivation tended to be in the moderate category, as much as 47.83%. While in the experimental group, the level of student learning motivation tends to be high, reaching 60.71%. From these findings it can be concluded that the application of the inquiry learning model has a positive influence on the learning motivation of students in biology subjects.

Keywords: Inquiry, Motivation, High School Students.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-11-14