Analisis Level Kognitif pada Soal Lembar Kerja Peserta Didik pada Materi Biologi
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Barru, Sulawesi Selatan dengan tujuan mengetahui bagaimana perbedaan level kognitif pada soal lembar kerja peserta didik pada materi biologi. Penelitian adalah penelitian deskriptif, dengan sampel yang digunakan adalah lembar kerja peserta didik yang dibuat oleh guru biologi kelas XI di SMA Negeri 1 Barru. Soal yang diambil sebagai data dalam penelitian ini adalah keseluruhan soal pada lembar kerja peserta didik. Data kemudian diolah dan dianalisis berdasarkan instrumen dan rubrik yang telah divalidasi. Soal yang diperoleh sebagai data dalam penelitian ini berkisar pada C2 (memahami), C3 (menerapkan), C4 (menganalisis). Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa terdapat 45 soal yang tergolong dalam tingkatan C2 (memahami), 30 soal yang tergolong dalam tingkatan C3 (menerapkan), soal yang tergolong dalam tingkatan C4 (menganalisis) 11 soal, dan tidak ada soal yang tergolong dalam tingkatan C1 (memahami), C5 (Menilai) dan C6 (mencipta). Soal pada lembar kerja peserta didik kelas XI secara keseluruhan lebih banyak soal yang berada pada level soal kategori tingkat rendah (LOTS) yaitu sebanyak 75 soal, sedangkan terdapat lebih sedikit soal yang berada pada level soal kategori tinggi (HOTS) yaitu sebanyak 11 soal.
Kata kunci: Level Kognitif , LKPD, Materi Biologi.
ABSTRACT
This research was conducted at SMA Negeri 1 Barru, South Sulawesi with the aim of knowing how the differences in cognitive levels on the questions of student worksheets on biology material. The study was a descriptive study, with the sample used was a student worksheet made by a grade XI biology teacher at SMA Negeri 1 Barru. The questions taken as data in this study were all questions on the students' worksheets. The data were then processed and analyzed based on validated instruments and rubrics. The questions obtained as data in this study ranged from C2 (understanding), C3 (applying), C4 (analyzing). Overall, it can be concluded that there are 45 questions belonging to the C2 (understanding) level, 30 questions belonging to the C3 (applying) level, 11 questions belonging to the C4 (analyzing) level, and no questions belonging to the C1 (understanding), C5 (Assessing) and C6 (creating) levels. The questions on the worksheets of class XI students as a whole are more questions that are at the level of low-level category questions (LOTS), namely 75 questions, while there are fewer questions that are at the level of high category questions (HOTS), namely 11 questions.
Keywords: Cognitive Level, LKPD, Biology Material.