Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Ditinjau dari Perbedaan Pendidikan Orang Tua

Authors

  • Magfira Amalia Universitas Negeri Makassar
  • Arsad Bahri Universitas Negeri Makassar
  • DDPUS Patongai Universitas Negeri Makassar

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan metode kuantitatif deskriptif yang bertujuan untuk menganalisis perbedaan kemampuan berpikir kritis peserta didik berdasarkan pendidikan terakhir orang tua pada mata pelajaran biologi di SMA Negeri 4 Pinrang, indikator kemampuan berpikir kritis dalam penelitian ini meliputi clarity (kejelasan), accuracy (keakuratan), depth (kedalaman), relevance (relevansi dan keterkaitan), breadth (keluasan), logic (logika), precision (ketepatan). Subjek penelitian dalam penelitian ini menggunakan instrumen tes berjumlah 7 soal essay, dan dokumentasi. Adapun variabel bebas dalam penelitian ini adalah pendidikan terakhir orang tua (X) sedangkan variabel terikat adalah kemampuan berpikir kritis (Y). Data penelitian berupa hasil tes essay kemampuan berpikir kritis akan di uji menggunakan teknik analisis data pada aplikasi statistical package for social science dengan metode one way anova diperoleh hasil bahwa kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 4 Pinrang pada materi sistem ekskresi tidak di pengaruhi oleh pendidikan terakhir orang tua peserta didik.

 

Kata kunci: berpikir kritis, sistem ekskresi, pendidikan orang tua

ABSTRACT

This research is survey research with quantitative descriptive methods which aims to analyze differences in students' critical thinking abilities based on their parents' latest education in biology subjects at SMA Negeri 4 Pinrang. Indicators of critical thinking abilities in this research include clarity and accuracy, depth (depth), relevance (relevance and interconnectedness), breadth (breadth), logic (logic), precision (accuracy). The research subjects in this study used a test instrument containing 7 essay questions and documentation. Meanwhile, the independent variable in this research is the parent's final education (X), while the dependent variable is critical thinking ability (Y). Research data in the form of essay test results on critical thinking skills will be tested using data analysis techniques in the statistical package application for social sciences using the one-way ANOVA method. The results show that the critical thinking skills of class XI MIPA students at SMA Negeri 4 Pinrang on the excretion system material are not affected by the last education of the student's parents.

Keywords: critical thinking ability, parental education, excretory system, Class XI

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-11-14