Menumbuhkan Keterampilan Berkomunikasi Abad 21 Dengan Menggunakan Model Talking Chip Kantong Ajaib Doraemon Di MTs Negeri Barru
Abstract
ABSTRAK
Keterampilan komunikasi sebagai salah satu keterampilan abad 21 merupakan kemampuan mengkomunikasikan berbagai hal yang menyangkut materi pembelajaran, baik secara lisan maupun tulisan sehingga siswa dapat memberikan tanggapan, mengemukakan ide dan pendapatnya. Berdasarkan hasil observasi di MTsN Barru, khususnya pada mata pelajaran IPA diperoleh bahwa sebagian kesulitan dan tidak percaya diri dalam hal menyampaikan pendapat, argumentasi, usulan maupun menjawab pertanyaan dari guru ataukah mengkomunikasikan hasil diskusi kelompok mereka. Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut perlu adanya inovasi atau kreatifitas guru dalam pembelajaran salah satunya adalah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif talking chip kantong ajaib doraemon. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah kajian literature ilmiah atau literature reveiew dengan mengumpulkan informasi dan mengkaji beberapa hasil penelitian sebelumnya. Penerapan model kooperatif talking chip kantong ajaib doraemon menggunakan kertas berwarna warni dan ditambahkan kantong ajaib doraemon yang berupa amplop/kantong berisi kertas berbicara dan hadiah yang tidak diketahui oleh siswa. Hasil penelitian mampu meningkatkan motivasi siswa dalam berkomunikasi dilihat dari aktivitas siswa menggunakan kartu talking chip, selain itu juga dapat meningkatan kerjasama siswa dalam kelompok selama proses pembelajaran yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.
Kata kunci : keterampilan abad 21, keterampilan berkomunikasi, model talking chip, kantong ajaib doraemon
ABSTRACT
Communication skills as one of the skills of the 21st century are the ability to communicate various things related to learning material, both orally and in writing so that students can provide responses, express their ideas and opinions. Based on the results of observations at MTsN Barru, especially in science subjects, it was found that some had difficulty and were not confident in expressing opinions, arguments, suggestions or answering questions from teachers or communicating the results of their group discussions. To solve this problem, teacher innovation or creativity is needed in learning, one of which is by using the Doraemon magic bag talking chip cooperative learning model. The research method used by the author is a scientific literature review or literature review by collecting information and reviewing several previous research results. The application of the Doraemon magic bag talking chip cooperative model uses colorful paper and adds a Doraemon magic bag in the form of an envelope/bag containing talking paper and a gift that the students don't know about. The results of the research are able to increase student motivation in communicating as seen from student activities using talking chip cards, apart from that it can also increase student cooperation in groups during the learning process which has an impact on improving student learning outcomes.
Keywords: 21st century skills, communication skills, talking chip model, Doraemon's Magic Pocket