Keterampilan Metakognitif Peserta Didik Pada Pembelajaran Biologi Reflketif Berbantu Media Animasi
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasi eksperimen dengan Design penelitian yang digunakan yaitu pretest posttest control group. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran reflektif berbantu media animasi terhadap keterampilan metakognitif peserta didik pada materi sistem pencernaan manusia. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 18 september hingga tanggal 30 september 2023 bertempat di SMAN 1 Majene Populasi yaitu peserta didik kelas XI terdiri atas 4 kelas Sampel diambil secara acak dan terpilih menjadi kelas eksperimen yaitu XI MIPA 3 dan kelas kontrol yaitu XI MIPA 4. Instrument penelitian yaitu Instrumen tes untuk memperoleh keterampialan metakognitif peserta didik. Data yang diperoleh dikumpulkan lalu dianalisis dengan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial menggunakan sistem Statistical Package for Social Science (SPSS). Hasil analisis nilai pretest dan posttest peserta didik yaitu keterampilan metakognitif yang diajarkan dengan model pembelajaran reflektif berbantu media animnasi meningkat, hal ini didasarkan pada nilai total rerata pretest kelas eksperimen 39.41 menjadi total rerata posttest 80.41. Sedangkan keterampilan metakognitif yang diajarkan dengan model pembelajaran direct interaction metode ceramah dengan nilai total rerata pretest 32.97 menjadi total rerata posttest 44.77. Model pembelajaran reflektif berbantu media animnasi memiliki pengaruh terhadap keterampilan metakognitif peserta didik.