Validitas Pengembangan Unit Pembelajaran Pertumbuhan dan Perkembangan dalam Setting Pembelajaran Flipped Classroom Berbasis Guided Inquiry untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Self Regulated Learning Siswa SMA
Keywords:
Validitas, Unit Pembelajaran, Guided Inqury, Hasil Belajar, Flipped Classroom, Self-Regulated LearningAbstract
Pada pembelajaran abad 21 pembelajaran diharapkan dapat berpusat pada siswa dimana proses pembelajaran berlangsung dengan melibatkan unsur guru, siswa, interaksi antara guru dan siswa yang bertujuan ke arah perubahan tingkah laku siswa. Untuk mempermudah guru dalam proses pembelajaran, peneliti menganggap perlu adanya unit pembelajaran berupa panduan untuk guru dalam melaksanakan proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengetahui derajat validitas unit pembelajaran pertumbuhan dan perkembangan dalam setting pembelajaran flipped classroom berbasis guided inquiry yang dikembangkan untuk meningkatkan self regulated learning dan hasil belajar siswa SMA Kelas XII. Jenis penelitian pengembangan dengan metode EDDIE yang di uji cobakan di sekolah SMA Negeri 1 Barru dengan sampel berjumlah 35 siswa dari kelas XII MIPA 2. Sampel yang diambil yaitu mengintegrasikan one group pre test-post test design. Hasil penelitian menunjukkan unit pembelajaran pertumbuhan dan perkembangan dengan setting pembelajaran flipped classroom berbasis guided inquiry yang dikembangkan telah memenuhi kategori kevalidan berdasarkan penilaian yang dilakukan oleh dosen validator dengan nilai validasi media 92,3 % dan nilai validasi materi 90,79%.