Hubungan Pengetahuan Metakognitif, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Kemampuan Literasi Sains dengan Hasil Belajar Kognitif Siswa SMA Negeri di Kota Makassar

Authors

  • Muhammad Khamzah Syawal Universitas Negeri Makassar
  • Arsad Bahri Universitas Negeri Makassar
  • Rachmawaty Rachmawaty Universitas Negeri Makassar

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan pendekatan ex post facto yang dilaksanakan di SMA negeri di Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan metakognitif, kemampuan berpikir kritis, dan kemampuan literasi sains dengan hasil belajar kognitif siswa SMA negeri di Kota Makassar. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMA negeri kelas XI IPA di Kota Makassar. Sampel sebanyak 347 siswa dipilih menggunakan teknik stratified random sampling berdasarkan data rapor pendidikan 2021. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berupa angket pengetahuan metakognitif, tes kemampuan berpikir kritis yang terintegrasi dengan kemampuan literasi sains, dan tes hasil belajar siswa. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif dengan menggunakan teknik statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa uji hipotesis yang dilaksanakan memperoleh hasil yang signifikan (Sig.<0,05). Oleh karena itu, diperoleh kesimpulan bahwa: (1) pengetahuan metakognitif siswa berada di kategori berkembang; (2) kemampuan berpikir kritis siswa berada di kategori tinggi; (3) kemampuan literasi sains siswa berada di kategori baik; (4) hasil belajar siswa berada di kategori cukup; (5) terdapat hubungan positif yang signifikan antara pengetahuan metakognitif, kemampuan berpikir kritis, dan kemampuan literasi sains dengan hasil belajar siswa SMA negeri di Kota Makassar.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-11-15