Pengembangan Instrumen Tes Diagnostik Three Tier Multiple Choice untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi Peserta Didik pada Materi Biologi Kelas XI SMA

Authors

  • Umni Alwiyah Universitas Negeri Makassar
  • Ismail Ismail Universitas Negeri Makassar
  • Muhiddin Muhiddin Universitas Negeri Makassar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes diagnostik three tier multiple choice yang valid dan reliabel serta memiliki kualitas yang baik dari segi tingkat kesukaran, daya beda, dan efektifitas pengecohnya, untuk mengidentifikasi miskonsepsi peserta didik pada materi Biologi kelas XI SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan tipe Formative Evaluations yang dikembangkan oleh Tessmer, yang terdiri dari tiga tahap yaitu Self Evaluation, Prototyping, dan Field Test. Instrumen yang berjumlah masing-masing berjumlah 25 butir tes materi Sistem Gerak dan Sistem Sirkulasi, selanjutnya diujicobakan pada subjek penelitian kelas XII MIPA 6 SMA Negeri 10 Makassar, kemudian hasilnya dianalisis menggunakan aplikasi Anates4 dan berdasarkan kategorisasi miskonsepsi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah persentase rata-rata miskonsepsi pada materi Sistem Gerak sebesar 47,66% dan persentase rata-rata miskonsepsi pada materi Sistem Sirkulasi sebesar 58,68%. Validitas isi dari kedua instrumen yang dikembangkan bernilai 1,00 dengan kategori tinggi dan validitas empirik kedua instrumen sebesar 48% valid. Reliabilitas kedua instrumen yang dikembangkan rata-rata 0,79 untuk materi Sistem Gerak dan rata-rata 0,69 untuk materi Sistem Sirkulasi, keduanya termasuk kategori tinggi. Tingkat kesukaran untuk kedua instumen yang dikembangkan berada dalam taraf sedang, dengan daya beda yang baik, serta pengecoh yang bekerja secara efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-11-15