Need Assesmend Dalam Desain Lembar Kerja Peserta Didik Beriorentasi Higher Order Thinking Skills Materi Keanekaragaman Hayati
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kebutuhan awal pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik yang Beriorentasi HOTS dalam pembelajaran biologi pada siswa kelas X Di MA Negeri 1 Makassar. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang termasuk kedalam bagian penelitian research and development (R&D). Model yang digunakan adalah model ADDIE. Dalam penelitian ini tahapan yang digunakan adalah tahapan analisis kebutuhan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 6 MA Negeri 1 Makassar yang berjumlah 35 siswa. Data yang dikumpulkan dalam penelitian dikumpulkan melalui observasi dan penyebaran angket yang disebarkan secara langsung kepada guru dan peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian, menyebutkan bahwa peserta didik sangat setuju dengan pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik untuk melatih kemampuan berpikir kritis tingkat tinggi sebagai need assessment yang berimplikasi terhadap pertimbangan dalam merancang Lembar Kerja Peserta Didik beriorentasi Higher Order Thinking Skills agar dapat memfasilitasi guru dan peserta didik dalam melatih kemampuan berpikir kritis tingkat tinggi materi keanekaragaman hayati. Oleh karena itu, data hasil analisis kebutuhan ini digunakan sebagai studi pendahuluan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik beriorentasi Higher Order Thinking Skills yang dapat digunakan.