Analisis Lesson Plan Guru Biologi SMA di Sulawesi Selatan

Authors

  • Suhardi Aldi Universitas Negeri Makassar
  • Adnan Adnan Universitas Negeri Makassar
  • Yusminah Hala Universitas Negeri Makassar

Keywords:

Lesson Plan; Guru Biologi; Sulawesi Selatan

Abstract

Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif. Penelitian ini bertujuan mendapatkan gambaran lesson plan guru Biologi. Subjek penelitian ini terdiri 10 guru mata pelajaran biologi di Sulawesi Selatan. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu survei dengan menggunakan instrumen berupa daftar ceklist. Data yang terkumpul diolah menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan rata-rata guru dalam membuat indikator pencapain kompetensi yang dominan berada pada level penunjang sebesar 63.49%, kemudian rumusan tujuan pembelajaran lebih dominan di level C2 sebesar 39.76%. Rumusan tujuan pembelajaran dengan pola ABCD sebesar 10.84%, selanjutnya penggunaan model pembelajaran yang dominan yaitu discovery learning sebesar 44.44%. Penggunaan metode pembelajaran yang dominan yaitu diskusi sebesar 52.94%. Penggunaan pendekatan pembelajaran yang dominan yaitu saintifik sebesar 75.00%. Penggunaan media pembelajaran yang dominan yaitu LCD proyektor dan PPT sebesar 26.32%. Penggunaan sumber belajar yang dominan yaitu buku sebesar 56.25%. Skenario pembelajaran guru meliputi kegiatan awal sebesar 65.oo%, kegiatan inti sebesar 55.00%, kegiatan penutup sebesar 42.50%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa lesson plan guru SMA mata pelajaran biologi di Sulawesi Selatan tergolong cukup baik dan masih perlu dioptimalkan. Oleh karena itu, lesson plan yang baik dapat membantu peserta didik mencapai tujuan pembelajaran dan meningkatkan prestasi akademik.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Adnan Adnan, Universitas Negeri Makassar

Jurusan Biologi FMIPA UNM

Yusminah Hala, Universitas Negeri Makassar

Jurusan Biologi FMIPA UNM

Downloads

Published

2023-11-15