Pengembangan Literasi Digital melalui Model Pembelajaran MANISE pada SMP Swasta 08 Namrole
Abstract
ABSTRAK
Abad 21 merupakan abad pengetahuan dimana persebaran informasi dan teknologi semakin berkembang. Karakteristik abad 21 ditandai dengan semakin bertautnya dunia ilmu pengetahuan sehingga sinergi di antaranya menjadi semakin cepat. Literasi digital di harapkan mampu membuat peserta didik memiliki kecakapan dalam belajar dan berinovasi, kecakapan dalam memanfaatkan teknologi dan media informasi, serta mampu melakukan suatu aktivitas atau pekerjaan, dan memaksimalkan keterampilan hidup untuk tetap survive (life skills). Artikel ini membahas tentang mengembangkan kemampuan literasi digital siswa dalam Model Pembelajaran MANISE (Motivating by video and picture, Analyze the information, Need of digital searching, Interactive discussion, Sharing, Evaluate and reflection) pada SMP Swasta 08 Namrole. Metode yang digunakan adalah metode kajian literatur. Melalui Model Pembelajaran MANISE, peserta didik dapat mengembangkan kemampuan berliterasi dengan menggunakan alat digital, meningkatkan kemampuan berpikir kritis serta cakap dalam berkomunikasi.
Kata kunci: literasi digital, model pembelajaran, pengembangan.