MODEL PEMBELAJARAN SUNDS PADA VIRUS MENGHASILKAN KARYA INOVTIF SUNDS LEARNING MODEL ON VIRUSES TO PRODUCE INNOVATIVE WORK
Keywords:
sunds, virus, modelAbstract
Pemerintah meluncurkan kurikulum prototipe melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun 2021, yang selanjutnya akan disempurnakan menjadi kurikulum Merdeka pada tahun 2022. Kurikulum merdeka memberikan hak untuk belajar berpusat pada peserta didik. Oleh karena itu, guru perlu strategi untuk menggunakannya. Strategi pembelajaran kurikulum ini berbasis proyek. Dari hasil observasi pembelajaran yang telah dilaksanakan guru dapat menyimpulkan bahwa proses berpikir kritis peserta didik masih belum timbul ketika menggunakan proses pembelajaran problem-based learning. Kemampuan peserta didik untuk teliti dan memahami masalah yang disampaikan guru belum terlihat, rasa ingin tahu dan tanggung jawab ketika menggunakan sumber juga belum dilaksanakan dengan maksimal. Berdasarkan hasil dari penelitian tersebut maka saya mengembangkan model pembelajaran baru dengan nama SUNDS (Sharing solution of the problem ,Utilization of envirenment resource as the solution, Next create innovative project, Document it, Sharing) yang merupakan integrasi dari PBL(problem Based Learning dan Project Based Learning). Model pembelajaran SUNDS menggunakan metode jiksaw. Mata pelajaran Biologi di kelas x merupakan bagian dari IPA melalui model pembelajaran SUNDS menghasikan karya inovatif seperti model virus sebagai projek mata pelajaran. Mata pelajaran IPA (Fisika,Kimia dan Biologi) dapat membuat model virus yakni kimia kaitan dengan DNA virus, Fisika kaitan dengan ukurannya. Virus tidak dapat dilihat dengan mikroskop biasa tetapi virus hanya dapat dilihat dengan menggunakan mikroskop electron sementara di sekolah kami belum ada. Dengan adanya model virus maka peserta didik dapat mengamati dengan jelas struktur dan bagian-bagian virus tanpa mikroskop electron,karena virus berukuaran 10nm – 300nm (1 nm =1/1.000.000 mm).