Persepsi Peserta Didik terhadap Pembelajaran Daring dan Pembelajaran Luring di SMA Negeri Kabupaten Mamuju Tengah
Abstract
Perubahan besar dalam dunia pendidikan adalah pembelajaran yang kini dapat dilakukan didalam maupun diluar situasi sekolah formal terdahulu. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui jenis mode pembelajaran yang dilaksanakan oleh SMA Negeri di Kabupaten Mamuju Tengah, (2) mengetahui persepsi perserta didik terhadap kegiatan pembelajaran daring, dan (3) mengetahui persepsi perserta didik terhadap kegiatan pembelajaran luring. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru SMA di Kabupaten Mamuju Tengah. Sampel yang digunakan adalah empat sekolah yaitu: SMAN 1 Topoyo, SMAN 2 Topoyo, SMAN 2 Tobadak, dan SMAN 1 Karossa. Responden berasal dari berbagai sekolah sampel dengan jumlah 155 peserta didik. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa (1) Jenis mode pembelajaran yang dilaksanakan oleh SMA Negeri di Kabupaten Mamuju Tengah adalah Pembelajaran Luring, (2) Persepsi peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran daring secara keseluruhan adalah baik, dan (3) Persepsi perserta didik terhadap kegiatan pembelajaran luring secara keseluruhan adalah baik.
Kata kunci: Persepsi Peserta Didik, Pembelajaran Daring, Pembelajaran Luring.